Berencana Untuk Magang? Tentukan Tujuannya!


Magang menjadi salah satu metode untuk berkenalan sekaligus pembekalan menuju dunia kerja. Namun
tujuan magang sebenarnya lebih luas daripada yang dibayangkan ketika kita akan mengikuti program magang.Magang bukanlah suatu kewajiban, tetapi setiap orang berhak untuk mengikuti magang agar siap menghadapi persaingan dunia kerja dan siap untuk berkontribusi di dunia kerja nantinya.

Jika anda memiliki rencana untuk mengikuti magang, baik yang masih sekolah, kuliah, maupun yang Fresh Graduate, sebaiknya anda pikirkan baik-baik tujuan magang yang anda miliki karena tidak semua orang bisa memanfaatkan atau bahkan menikmati magangnya dengan baik. Untuk itulah, artikel ini akan membahas hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengikuti magang.

 

Tujuan Spesifik Magang

Jika tujuan anda seperti “Ingin mengembangkan kemampuan atau skill” atau “Menambah relasi atau jaringan” , tujuan tersebut masih sangat umum. Hal itu bisa dilakukan tidak hanya dengan magang seperti melanjutkan pendidikan, kursus, mengikuti suatu program, dan masih banyak lagi.

Tujuan magang sebaiknya dimiliki secara lebih spesifik dan detail seperti “Ingin belajar tentang dunia perbankan”, “berlatih mengedit foto”, “mempelajari hal baru di bidang Sains dan Teknologi” dsb. Dengan tujuan spesifik tersebut, anda akan memiliki arah atau metode pembelajaran dalam magang yang lebih jelas dan lebih membantu mencapai tujuan atau impian ketika anda selesai magang nantinya.

 

Informasi Tempat Magang 

Setelah menentukan tujuan magang, tentunya anda memerlukan tempat magang yang tidak hanya sesuai, tetapi benar-benar memberikan pembelajaran yang berarti bagi peserta magangnya, tidak sekedar bersih-bersih saja.

Informasi yang patut untuk dicari adalah nama kantor atau perusahaan, lokasi, syarat magangnya, hingga sistem magangnya. Bila perlu, cari informasi mengenai pemilik perusahaan atau pengalaman peserta magang sebelumnya untuk memantapkan pilihan tempat magangnya.

 

Loyalitas 

Yang terpenting dalam magang adalah anda bersedia mengikuti sistem magang yang ada hingga masa magangnya berakhir. Sangat tidak profesional jika anda meninggalkan tempat magang anda di tengah masa magang anda belum berakhir.

Ketika waktu magang yang biasanya memiliki jam kerja pada umumnya, anda harus mengutamakan kepentingan perusahaan atau tempat magang anda diatas kepentingan individu atau golongan tertentu. Hal inilah yang merupakan bentuk kontribusi anda pada tempat magang yang bersedia memberikan kesempatan magang untuk anda.

 

Sebagai tambahan pertimbangan, anda bisa mengunjungi website magang Star Share yang selalu membuka peluang magang untuk berbagai jurusan dengan pendaftarannya yang gratis, tetapi anda bisa merasakan pengalaman kerja secara langsung.

Sekian pembahasan mengenai tujuan magang beserta pertimbangannya. Teruslah belajar sepanjang hidupnya karena ilmu pengetahuan semakin berkembang setiap saat.

0 0 Suara
Rating Artikel
Berlangganan
Beritahu tentang

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.