Aturan Umum

Halaman ini berisi aturan umum yang berlaku untuk semua anggota di dalam perusahaan STAR SHARE. Untuk melihat aturan khusus di bagian lain, silahkan lihat di section "Aturan Khusus" dibawah ini.

Umum

  • Semua berkas (file, images, video) yang penting harus tersimpan di Google Drive.
  • Pemberian tugas secara personal harus diberikan melalui Ticket Online
  • Dilarang berbicara kasar, menantang dan menyudutkan anggota tim yang lain.
  • Bersikap profesional ketika berada di waktu kerja.
  • Penggunaan manajemen Kepala Divisi tiap Sektor dan Manajemen Double Possition. Dimana tidak ada kepala divisi yang bersifat menetap dalam satu sektor.
  • Semua pertanyaan harus menyertakan: latar belakang masalah, analisa masalah nya dan jawaban sementara, sebelum di tanyakan (di ajukan). Lihat: Contoh Kasus.
  • Dilarang berbicara SARA.

Khusus

  • Dilarang membicarakan politik, secara langsung ataupun tidak langsung, ketika aktivitas kerja berlangsung.
  • Selama melakukan aktivitas kerja (baik itu magang, mengerjakan proyek, ataupun melakukan aktivitas kerja biasa) sesama peserta Magang dan semua pihak yang terlibat didalam STAR SHARE tidak diperkenankan menyinggung melakukan kekerasan, mengancam, berbicara kasar, SARA, dan melakukan hal buruk lainnya.
  • Semua Anggota dilarang mencemarkan nama baik perusahaan. Bagi semua pihak yang terdapat melakukan hal tersebut akan diberi peringatan hingga dikeluarkan, dan dikenakan sanksi.
  • Dilarang memberikan data login Anggota di dalam situs ini kepada orang lain.
  • Berjanji untuk tidak mempublikasikan informasi organisasi ataupun pengetahuan yang telah didapatkan di dalam organisasi STAR SHARE. Penggunaan oleh diri sendiri diperbolehkan dan kalangan keluarga diperbolehkan.
  • Setiap anggota harus memenuhi kewajiban nya terlebih dahulu, sebelum mendapatkan hak nya.

Hari dan Jam Kerja

Definisi Umum: Hari dan jam kerja adalah suatu ketentuan waktu bagi anggota dengan status tertentu yang telah ditetapkan perusahaan, sebagai acuan dalam memulai dan mengakhiri aktivitas kerja. Di halaman ini akan dibahas mengenai ketetapan hari dan jam kerja untuk setiap anggota dengan status nya masing- masing.Seorang dianggap melakukan aktivitas kerja apabila mereka melakukan aktivitas kerja pada hari dan jam kerja yang ditentukan, dengan mengirimkan/ memiliki bukti administrasi yang dianggap valid. Bukti administrasi tersebut salah satu nya adalah meliputi; adanya absensi masuk, adanya absensi keluar, adanya laporan kerja, dll, yang kesemuanya bisa Anda lihat secara lengkap disini: Mangkir.NOTE: Perusahaan STAR SHARE menggunakan acuan perundang- undangan yang berlaku untuk menentukan hari dan jam kerja bagi sebagian besar status anggota.
Undang-Undang No.13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya pasal 77 sampai dengan pasal 85. Untuk karyawan yang bekerja 6 hari dalam seminggu, jam kerjanya adalah 7 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam 1 minggu. Sedangkan untuk karyawan dengan 5 hari kerja dalam 1 minggu, kewajiban bekerja mereka 8 jam dalam 1 hari dan 40 jam dalam 1 minggu.

KETETAPAN

FILTERED BY: UMUM
  • Setiap anggota wajib menjalankan aktivitas kerja sesuai hari dan jam kerja yang telah ditentukan untuk mereka.
  • Terpenuhi nya tindakan melakukan aktivitas kerja pada hari kerja dan jam kerja, akan di tentukan dari pembuktian administrasi yang dilakukan, yang meliputi: Absen (Absensi Masuk dan Keluar) dan Laporan Kerja. Dengan kata lain:
    • Apabila Anggota tidak mengirimkan laporan kerja, maka akan dianggap mangkir.
    • Apabila Anggota tidak melakukan Absensi masuk, maka akan dianggap mangkir.
  • Hari Minggu/ Hari Besar/ Tanggal Merah: Hari Minggu atau hari besar, libur. Tidak ada aktivitas kerja.
  • Jam Kerja:
    • Senin- Jumat: 09:00- 17:00 WIB.
    • Sabtu: 09:00- 15:00 WIB.

Koordinasi dan Komunikasi

[Deskripsi Umum]:
  1. Aktivitas pengorganisasian dari tindakan setiap atau beberapa anggota dengan sebuah instruksi yang diberikan pihak Upline ataupun pihak perusahaan, dalam lingkup aktivitas kerja.
  2. Hal atau tindakan yang dilakukan oleh Anggota di dalam jam kerja yang digunakan untuk tujuan mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan tugas yang diberikan oleh pihak perusahaan ataupun pihak upline mereka.
  3. Aturan yang harus di patuhi oleh Anggota ketika melakukan aktivitas kerja.
[Deskripsi Khusus]: Aturan dan perintah dari pihak Upline yang harus ditaati oleh Anggota ketika melakukan aktivitas kerja agar target kerja terpenuhi.

KETETAPAN

FILTERED BY: UMUM
  1. Selalu mengaktifkan dan menggunakan platform messagging WhatsApp. Karena itu digunakan untuk media komunikasi utama kita [Added Nov 16, 2018]
  2. Apabila terdapat pesan yang di kirimkan oleh Anggota Tim yang bersifat penting/ urgent, namun tidak bisa di balas pada waktu itu juga karena Anda mungkin memiliki kegiatan lain yang sama- sama urgent/ penting, sehingga tidak akan bisa membalas nya dengan segera, maka berikan keterangan tentang: [1]. Aktivitas yang Anda lakukan saat itu, [2]. berikan penjelasan jikalau Anda tidak bisa memberi balasan segera, dan [3] Kapan (jam) Anda bisa menindak lanjuti pesan tersebut [Added Nov 16, 2018]
    1. Pesan yang bersifat penting di tandai dengan kalimat "Urgent" pada pesan yang di kirimkan.
    2. Contoh Kasus:
      • Manager Departement: "Hallo, Budi. File kemarin yang Anda kirimkan tidak bisa di temukan. Apakah bisa di kirimkan ulang?. Urgent !." (Keadaan: Budi saat itu sedang menjalankan Event Organizer di kampus nya).
      • Budi: Maaf, belum bisa saya kirimkan saat ini karena saya sedang melakukan aktivitas persiapan event organizer. Akan saya kirimkan nanti pukul 21:00.
  3. Apabila tidak bisa membalas pesan lebih dari 10 menit yang di kirimkan oleh Anggota lain, di waktu selanjutnya ketika membalas nya di waktu luang yang Anda miliki, harus menyertakan alasan atas keterlambatan dalam membalas pesan tersebut [Added Nov 16, 2018].
    1. Contoh Kasus:
      1. 09:00 by Manager Departement: Hallo, Budi. File kemarin yang Anda kirimkan tidak bisa di temukan. Apakah bisa di kirimkan ulang?. Urgent !.
      2. Keadaan: Budi saat itu sedang menjalankan Event Organizer (EO) di kampus nya. Keadaan sangat sibuk sekali, sehingga dia harus mematikan HP nya.
      3. 21:00 by Budi: Halo, pak. MBB, karena tadi ada EO. File nya akan saya transfer ulang 30 menit lagi pak.
  4. Semua pesan dan mention di dalam group internal Facebook, harus di balas. Apabila pesan itu tidak berisikan instruksi yang panjang, maka cukup berikan komentar "All Confirmed".
  5. Video Streaming ataupun dokumen atau status, dengan caption "Wajib" harus di tonton dan/ atau dibaca sampai selesai. Setelah menonton nya, berikan komentar "Sudah saya tonton semuanya, dan sudah terkonfirmasi".
FILTERED BY: ACTIVITY
  • Di Semarang:
    • Tanyakan permasalahan kepada kepala divisi ataupun kepada staff departement yang berhubungan dengan permasalahan Anda. Jangan tanyakan kepada level upline diatas nya. Ingat selalu dengan hierarki kerja.
    • Apabila Anda mendapati tugas langsung dari upline, ataupun seseorang yang di tunjuk sebagai upline, maka tanyakan permasalahn tugas yang muncul kepada dia.
  • Remote:
    • Ajukan pertanyaan kepada Anggota lain di dalam Groups (baik itu Groups WhatsApp atau Groups Facebook atau Groups yang lain), dengan cara Me-mention nama mereka. Kepala Divisi Anda, atau Supervisor Anda mungkin tidak ada waktu untuk membalas dan membantu Anda menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.  Jadi, gunakan rekan Anda untuk membantu Anda. Jika Anda malu mengajukan pertanyaan di Groups, maka bisa dipastikan Anda akan tertinggal.
    • Gunakan Screenshot atau ambil gambar terhadap permasalahan yang Anda hadapi, kemudian cantumkan itu di dalam Groups. Agar Kepala Divisi, atau Supervisor, atau Anggota yang lain bisa membantu Anda dengan mudah.
      • Bayangkan apabila Anda mengajukan pertanyaan "Saya tidak bisa mengakses halaman tersebut". Ini merupakan pertanyaan yang semu, dan banyak kemungkinan penyebab nya. Namun, jika Anda menyertakan screenshot tampilan permasalahan Anda, maka orang- orang akan lebih mengerti tentang kendala yang Anda hadapi. Sehingga lebih mudah memberikan solusi.
    • Gunakan Group Facebook sebagai problem solving. Untuk memudahkan komunikasi, dan menuliskan pertanyaan, ataupun mengirimkan screenshot gambar kendala yang Anda hadapi, akan jauh lebih mudah menggunakan WhatsApp Web. Anda bisa menggunakan nya disini: https://web.whatsapp.com
    • Semua bentuk pertanyaan mengenai tugas atau project yang diberikan, harus diajukan di dalam group Facebook yang telah ditentukan. Tidak disarankan untuk menanyakan nya melalui private messages kepada koordinator/ kepala divisi/ SPV/ Spi/ MD (kecuali sangat darurat).

Human Error

Definisi Umum: [1]. Sikap keteledoran/ ketidak telitian/ pelanggaran yang berulang, baik yang secara sengaja ataupun tidak sengaja, dalam menjalankan aktivitas kerja yang berpotensi menjadi: kecelakaan kerja, kerusakan lebih parah, kerugian perusahaan, dan hal buruk lain nya, meskipun dimana hal buruk tersebut tidak/ belum terjadi. [2]. Melanggar etika yang dilakukan berulang.Human Error tidak boleh hanya dilihat ketika permasalahan sudah terjadi, tetapi harus di lihat di dalam kegiatan aktivitas kerja yang dilakukan. Sehingga, dengan memberikan sanksi atas tindakan Human Error yang terjadi, maka dampak buruk yang berpotensi bisa terjadi bisa di tanggulangi (tidak jadi muncul).Di section ini, akan dibahas mengenai prilaku ataupun potensi prilaku Human Error yang tidak boleh dilakukan oleh Anggota, dan sanksi yang di dapatkan oleh mereka apabila mereka memiliki prilaku ataupun potensi prilaku Human Error yang di deskripsikan dibawah ini.

KETETAPAN

  • Harus melakukan pekerjaan sesuai berdasarkan prosedur kerja yang telah ditentukan.
  • Anggota tidak boleh mengabaikan wejangan/ peringatan tidak formal dari pihak Upline atau Kepala Divisi.
  • Tidak bersikap teledor dan melakukan kesalahan yang sama.
  • Tidak boleh mengabaikan prosedur kerja.
  • Bersikap serius dan penuh niatan dalam melakukan aktivitas kerja.

KONSEKUENSI

  • Anggota akan mendapatkan Poin Pelanggaran, apabila dalam aktivitas kerja yang dilakukan nya terindikasi atau secara nyata memperlihatkan perilaku yang menyalahi ketetapan yang telah di jelaskan diatas.
NOTE:
  • Prosedur kerja tidak dijalankan dengan baik, meskipun target terpenuhi. Target hasil yang terpenuhi, bukan berarti hasil nya bagus. Ketika Amggota selesai mengerjakan tugas nya, hasil dari tugas tersebut akan tetap di chek. Jika Majajer/ Kepala Divisi menemukan bahwa Amggota tidak menjalankan pekerjaan nya sesuai dengan prosedur kerja yang ditentukan, maka Amggota akan dianggap tidak melakukan kedisiplinan bekerja.

Kerjasama Tim

Tindakan yang dilakukan oleh satu atau lebih dari satu anggota, secara selaras dengan panduan instruksi yang diberikan oleh pihak upline ataupun ketua kelompok, dimana instruksi tersebut harus dilakukan oleh setiap anggota dengan niatan yang serius dan dengan tujuan keberhasilan kerja.

KETETAPAN

  • Bersedia bersikap profesional, dan mengedepankan tujuan pekerjaan, daripada sikap emosional pribadi.
  • Mengikuti instruksi yang diberikan oleh Kepala Divisi dalam menjalankan aktivitas kerja.
  • Bersedia untuk siap menerima dan menjalani trial dan error dalam kegiatan menjalankan tugas. Bersikap siap berarti tidak menggerutu ataupun memberikan cacian terhadap trial dan error atas tugas yang dijalankan.
  • Tidak boleh menyebarkan bujukan yang bersifat dan berdampak negatif terhadap kerjasama tim, kepada Anggota lain.

Aturan Kantor

  1. Habis makan ataupun minum, gelas, piring, sendok, dan kelengkapan makan yang lain, di cuci sendiri.
  2. Buanglah sampah pada tempat nya.
  3. Makanan, jajan, dll, yang ada di meja sebelah timur dapur, adalah hak Anggota. Silahkan di makan, dan jangan sungkan.
  4. Kopi, teh, gula, sirup, susu, dan semua minuman/ makanan instant berkemasan, adalah hak Anggota. Silahkan di pakai dan jangan sungkan.
  5. Semua pengguna kantor, wajib ikut menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan kantor. Hal tersebut termasuk:
    1. Menutup pintu pagar dan pintu utama bila tidak ada orang yang sedang berjaga di kantor.
    2. Mematikan lampu, kran air, kipas angin, yang sudah tidak digunakan.
    3. Menghidupkan lampu depan apabila hari sudah mulai petang.
    4. Tutup semua pintu ruangan, bila sudah tidak digunakan kembali.
    5. Kursi harus di tata kembali dengan cara ditumpuk sesuai jenis nya, setelah tidak digunakan untuk bekerja kembali.
  6. Dilarang mengambil ataupun membawa pulang barang dari kantor tanpa ijin dari pihak atasan.
  7. Dilarang memasuki ruangan yang tertutup, kecuali ijin.
  8. Setiap anggota wajib mengikuti kerja bakti kebersihan kantor selama 1 minggu sekali, atau selama waktu yang dibutuhkan.
  9. Setiap pembelian barang (ataupun apapun), di lokasi kantor, harus membuat Nota.
  10. Wajib mengikuti briefing pagi, dan sharing ilmu ketika briefings pagi.
  11. Dilarang merokok di dalam area kerja utama, ketika jam kerja reguler berlangsung. Diluar jam kerja, Bebas.
  12. Bila perlu membuang sampah dari tempat sampah, pastikan di dalam tempat sampah tersebut di isi plastik hitam terlebih dahulu, agar mudah membuang nya nanti.
  13. Tempat sampah di tempatkan pada marka masing- masing.
  14. Semua anggota memiliki kewajiban untuk mengingatkan anggota yang lain apabila mereka melakukan pelanggaran, demi terciptanya suasana kantor yang kondusif dan bersih.
  15. Apabila hendak membeli barang- barang yang harga nya tidak terlalu mahal, gunakanlah uang receh yang ada di toples terlebih dahulu. Bila dirasa kurang, mintalah kepada Upline Anda.
  16. Setelah menggunakan printer, tombol harus dimatikan.
  17. Setelah jam kerja selesai, di harapkan peserta langsung pulang dan tidak bermain game di kantor.
  18. Kebanyakan aktivitas kerja di kantor akan di dokumentasikan dalam Live Streaming. Anda harus siap untuk LIVE.